• header04
  • banner 4
  • asiangames2018
  • asiangames2

Selamat Datang di Website Resmi SMK Al Mafatih Jakarta | Terima Kasih Kunjungannya.

AGAR REMAJA BERANI MENGATAKAN TIDAK




SAHABAT KELUARGA - “Yuk, kita membolos sekolah?,” kata teman-teman. Remaja yang diajak membolos, sering bingung menjawabnya. Jika dia tidak menuruti teman-temannya, maka resikonya jelas: ia akan dikucilkan. Tapi, jika ia mengikuti, resikonya juga jelas: akan mendapatkan sanksi dari sekolah. Jika orang tua mengetahui pasti akan kecewa ayah-ibunya.

Di sinilah salah satu dilema yang sering dihadapi remaja. Tiga ruang sosialnya tempatnya berinteraksi sering berlawanan: sekolah, teman, dan keluarga. Dari ketidakharmonisan tiga ruang sosial ini, remaja sering terjebak dalam kegiatan yang tidak bermanfaat, bahkan merusak dirinya sendiri.

Berawal dari ketidak-beranian mengatakan “tidak” karena ajakan teman untuk mengikuti kelompok tertentu, akhirnya remaja terjerumus kelompok remaja yang tidak benar. Misal, kelompok gang motor yang tindakannya anakis. Atau, yang sekarang sedang marak kelompok remaja klithih di Yogyakarta yang sedang ngetren dan banyak melakukan tindak kekerasan.

Fenomena ini menyadarkan kita bahwa menanamkan sikap remaja untuk berani mengatakan, “tidak!”, menjadi hal penting. Memang hal itu tidak mudah, karena dibutuhkan keberanian untuk berhadapan dengan teman-teman sepermainannya yang siap memusuhinya. Dari sinilah, keberanian mengatakan “tidak!” harus dibentuk dari lingungan keluarga.  Keluarga juga harus mendukung si remaja  secara moril, sehingga saat si remaja tersisih dari pergaulannya yang negatif, remaja masih merasakan keberartiannya dalam keluarga.

Untuk itu, keluarga harus aktif dalam melakukan tiga hal berikut ini: pertama,  berikan wawasan pada anak remaja soal kegiatan-kegiatan postif yang harus dilakukan remaja dan kegiatan negatif yang harus dihindarkan remaja. Dengan mengetahui hal ini, remaja bisa mengerti dan memahami soal kegiatan yang boleh  dilakukan dan yang tidak dibolehkan. Wawasan ini akan memberikan referensi penting untuk menyalurkan hobi dan bakatnya secara positif.

Kedua, jika remaja sudah mengetahui kegiatan positif yang penting baginya, maka ajarkan remaja untuk berani menolak dengan mengatakan “tidak!” atas ajakan teman yang tidak baik. Yakinkan bahwa saat berani mengatakan “tidak!”, remaja tidak sendirian. Keluarganya akan mendukungnya dan memberikan solusi jika remaja teralienasi dari pergaulannya. Keluarga akan memperantarai untuk mendapatkan kegiatan positif -- yang melalui kegiatan positif ini, remaja akan mendapatkan teman-teman baru yang baik.

Ketiga, jika remaja terjebak dalam dilema persoalan ini, keluarga hadir untuk memberikan solusi atas persoalan remaja dengan melakukan komunikasi intensif dengan sekolah, sehingga remaja mendapatkan dukungan moril dari keluarga dan sekolah; remaja tidak menghadapi persoalannya sendirian. Dukungan keluarga dan sekolah akan membuatnya yakin untuk terus mengatakan “tidak!” pada setiap ajakan teman sepermainan yang negatif.

Dengan tiga hal tersebut, akan terbentuklah karakter remaja-remaja kita yang memiliki integritas tinggi; berani mengatakan “tidak!” atas segala ajakan dan rayuan yang negatif; remaja yang berbakti pada keluarga dan ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga; remaja yang memiliki dedikasi tinggi dalam mengisi kegiatannya di sekolah dengan hal-hal positif.

 Dari sinilah, berani berkata, “tidak!” akan menjadi senjata remaja untuk tidak terjebak dalam kegiatan-kegiatan negatif. (Umi Khomsiyatun, tutor Sanggar Kegiatan Belajar, Purwokerto)



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :

Pengirim : AorewortBuct -  [quonahquee@bestmailonline.com]  Tanggal : 06/09/2017

This condition is very restricted to the reproductive system and can have several causes including a consequence of injury or abnormal the flow of blood within the testicles. However, it is important to obtain the doctor's opinion first before you take these oral medications because they would have negative side effects around the body.



   Kembali ke Atas

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK Al Mafatih Jakarta

NPSN : 20101601

Jl. H. Junaidi No.79 RT 01 RW 17 Palmerah Jakarta Barat 11480


info@smkalmafatihjkt.sch.id

TLP : 02153660882


          

Banner

Fanspage Facebook

Agenda

17 July 2018
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

Statistik


Total Hits : 281615
Pengunjung : 84865
Hari ini : 75
Hits hari ini : 538
Member Online : 6
IP : 54.198.243.51
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Ujian Berbasis Komputer