SEKILAS INFO
: - Sunday, 28-11-2021
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info

Mengenal Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Jurusan OTKP mempelajari segala jenis kegiatan kantor. Mulai dari pembukuan, pengarsipan, hingga public relations. Mayoritas lulusannya bekerja di lingkungan perkantoran dengan peran diantaranya menjaga kelancaran operasional kantor sehari-hari termasuk bertindak sebagai perantara dari karyawan dan pimpinan perusahaan ataupun dengan pihak di luar kantor. Bagi para lulusan yang berminat di bidang seni bisa bekerja di berbagai galeri, gedung pameran dan teater, mengatur kelancaran operasional sehari-hari serta mengkoordinir acara-acara jika ada.

Pemaparan singkat di atas, dapat menjadi salah satu alasan mengapa memilik sekolah di SMK jurusan Otomatisasi Perkantoran. Selain di desain untuk siap kerja ketika lulus, juga dimungkinkan untuk melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Seperti sembohyannya “SMK BISA!”.

Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Padakembang yang memberikan bekal tentang berbagai informasi layanan dibidang administrasi  baik secara pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor.

Keunggulan Jurusan OTKP, siswa dapat memiliki keterampilan yang tidak dipelajari di jurusan lain. Antara mendapat pembelajaran sebagai bekal keterampilan, seperti:

Kemampuan mengetik 10 jari buta, sehingga siswa akan terbiasa mengerjakan tugas secara cepat tanpa harus melihat keyboard. Kemampuan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Jurusan OTKP, karena sekarang ini perusahaan butuh tenaga yang bisa diajak kerja cepat.

Kemampuan menguasai administrasi yang baik dan benar, mengatur perusahaan, terbiasa dengan susunan bahasa yang baik dan benar.

Kemampuan menjadi sekretaris yang ideal, melakukan pengarsipan, dan menangani masalah keuangan.

Keterampilan table manner, di mana pada jurusan ini siswa disiapkan menjadi seorang tenaga ahli yang siap bekerja di perusahaan besar.

Apa aja sih Peluang Atau Prospek Kerja OTKP ?

  1. Resepsionis

Peluang kerja pertama yang bisa dilakukan oleh lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi resepsionis, terlebih bagi Kamu yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Kamu bisa menjadi resepsionis hotel, perusahaan dan lain-lain karena setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun pasti akan

membutuhkan posisi resepsionis untuk menjadi bagian front office perusahaan mereka.

  1. Sekretaris

Prospek kerja berikutnya yang bisa dilakukan oleh jurusan administrasi perkantoran adalah menjadi seorang sekretaris. Tugas utama seorang sekretaris ialah untuk memfilter informasi yang berkaitan dengan bisnis perusahaan bagi pimpinan serta menjadi media perekam, penyimpan, dan pengingat kegiatan atasan di perusahaan.

  1. Staff Administrasi

Peluang kerja berikutnya yang bisa Kamu lakukan sebagai lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi staff administrasi. Tugas utama seorang staff administrasi adalah untuk melakukan berbagai pelayanan kantor yang berkaitan dengan administrasi untuk mendukung kelancaran operasional perusahaan.

  1. Guru SMK

Seperti yang diketahui bahwa pada SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan biasanya akan ada jurusan administrasi perkantoran. Jurusan administrasi perkantoran juga saat ini menjadi salah satu jurusan yang banyak dibuka di tingkat SMK, sehingga akan banyak dibutuhkan guru SMK untuk jurusan ini yang memiliki kompetensi dalam bidang administrasi perkantoran. Kamu sebagai lulusan sarjana administrasi perkantoran dapat menjadi seorang guru SMK.

  1. Asisten Sekretaris

Untuk peluang atau prospek kerja Administrasi Perkantoran berikutnya adalah menjadi asisten sekretaris. Tidak hanya dapat menjadi sekretaris, Kamu juga bisa menjadi asisten sekretaris. Sebagai seorang asisten sekretaris, Kamu akan memiliki tugas untuk menerima berbagai panggilan telepon dan jadwal pertemuan pimpinan serta mengatur jadwal pertemuan, konferensi, hingga pemesanan perjalanan untuk para staff kantor.

  1. Staff Personalia

Peluang kerja berikutnya yang dapat Kamu lakukan sebagai lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi staff personalia. Jabatan staff personalia berbeda dengan HRD. Staff personalia lebih banyak bertugas dan bertanggung jawab untuk hal-hal seperti database karyawan, payroll, atau pembayaran pembayaran lainnya. Staff personalia juga bertugas untuk mengelola hal-hal seperti absensi karyawan, pinjaman karyawan, atau pencatatan cuti tahunan setiap karyawan.

  1. Event Organizer

Peluang kerja selanjutnya yang bisa Kamu lakukan sebagai lulusan administrasi perkantoran adalah menjadi event organizer. Saat ini industry event sedang berkembang dengan pesat seiring dengan kebutuhan hiburan para masyarakat urban. Hal ini terlihat dari banyaknya event-event atau kegiatan yang digelar di berbagai lokasi hampir setiap akhir pekan. Untuk membuat acara lancar dijalankan maka administrasi perkantoran sangat diperlukan dalam hal-hal yang berkaitan dengan administrasi.

  1. Staff Operasional Pameran

Salah satu jenis event yang cukup banyak digelar di setiap akhir pekan adalah event- event pameran, baik itu pameran mobil, pameran pernikahan, pameran busana, ataupun pameran-pameran lainnya.

Sebagai lulusan administrasi perkantoran, peluang kerja berikutnya yang dapat Kamu lakukan adalah menjadi staff operasional pameran. Dimana Kamu bekerja untuk menjaga kelancaran acara atau pameran.

  1. Personal Assistant

Prospek kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh lulusan administrasi perkantoran adalah sebagai personal assistant. Jasa personal assistant banyak dibutuhkan oleh orang-orang penting atau yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Kamu bisa bekerja pada orang-orang yang membutuhkan personal assistant untuk membantu pekerjaan atau kegiatannya. Sebagai personal assistant, Kamu akan mengikuti seluruh kegiatan orang tersebut dan membantu segala hal yang diperlukannya.

  1. Seksi Hubungan Massa

Peluang kerja berikutnya yang dapat dilakukan oleh administrasi perkantoran adalah sebagai seksi hubungan massa. Pekerjaan ini akan membuat Kamu bekerja untuk menjembatani komunikasi antar perusahaan tempat Kamu bekerja dengan dunia luar.

Pengumuman

PENGUMUMAN KELULUSAN 2020/2021

Daftar Siswa Absensi Bulan Januari Dibawah 80 persen

Aplikasi Ujian Berbasis Android

Berkas Persyaratan KJP Plus Tahap I Tahun 2020

Statistik Web

  • 37101Jumlah Pembaca:
  • 30Pembaca Hari Ini:
  • 33093Jumlah Pengunjung:
  • 28Pengujung Hari Ini:
  • 4921Pembaca Bulanan:
  • 0Sedang Online:
Open chat
Selamat Datang di SMK Al Mafatih.
Silahkan Chat kami bila ada informasi yang kurang jelas yang tertera dalam website kami.
terima kasih.